Perlombaan trek datar adalah olahraga paling menarik yang belum pernah Anda dengar

Hal tentang balap trek datar adalah bahwa Anda akhirnya akan disakiti oleh balap trek datar. Pada bulan April, di Texas Motor Speedway, tepat di luar Fort Worth, saya melihat lima pilot bertabrakan di belokan tanpa henti yang sama, berguling satu sama lain seperti domino di tumpukan femur, klavikula, dan pergelangan kaki retak.

Menyalahkan kotoran atau, secara teknis, “gumbo clay of Texas”. Tantangan terbesar olahraga ini adalah berhasil menggeser sepeda 300 pound dalam putaran 180 derajat ke lebih dari 100 mph. Untuk kesulitan ditambahkan trek oval setengah mil pendek, yang cukup datar: tidak ada kurva miring untuk membantu pengendara sepeda untuk melawan gaya sentrifugal yang dapat mengirim mereka terbang ke udara.

Untuk maju, joki yang benar-benar bagus akan menemukan celah sepersekian detik di antara semua mesin yang tergelincir dan meludahi bumi dan akan berputar melaluinya. Kemenangan bukan hanya soal kecepatan, karena lintasannya sangat kecil sehingga sebagian besar balapan dihabiskan dalam belokan. Diperlukan kombinasi sinkronisasi, keseimbangan, agresi, dan keberuntungan seorang yang selamat.

Satu-satunya wanita yang bersaing dalam perlombaan dengan jatuhnya besar, Shayna Texter, lolos dari cedera. Tahun lalu ia memenangkan lebih banyak perlombaan single daripada siapa pun dalam seri American Flat Track, sirkuit balap paling penting dalam olahraga, tetapi ia finish ketiga di musim ini. Juara umum memenangkan mahkota berdasarkan poin akumulasi dengan menempatkan dirinya di tempat pertama. Pada hari April itu, saya melihat bagaimana Texter melintasi sebagian ruang yang begitu singkat tersedia sehingga sejujurnya saya tidak dapat memastikan bahwa dia telah melakukan gerakan apa pun. Dia terus menemukan celah-celah ini; Pada akhir lomba, ia telah bekerja dengan cermat untuk sampai ke bagian depan pak. Dia berada di posisi kedua dalam lomba 15-lap, tetapi mempublikasikan waktu lap individu tercepat: hanya di bawah 21 detik.

“Saraf”. Itulah satu-satunya kata yang digunakan Gary Nelson ketika saya bertanya apa yang membuat Texter istimewa. Seorang pemimpin tim legendaris Nascar, yang memimpin kejuaraan Bobby Allison’s Winston Cup pada tahun 1983, Nelson adalah salah satu penasihat terdekat Texter. “Dia akan menemukan cara untuk maju, dan semua orang di perlombaan hanya menonton ketika dia melakukannya,” katanya.

Texter mulai berjalan serius pada tahun 2003, ketika dia berumur 13 tahun. Ia menjadi seorang profesional pada tahun 2008 dan memenangkan balapan pertama di mana ia berpartisipasi. Keistimewaan khususnya tampaknya mempertahankan fokus yang tidak berekspresi pada situasi yang tidak berarti. Suatu kali, pada tahun 2015, ia menarik kekasihnya sendiri, Briar Bauman, ketika stangnya memotong sepatu bootnya ketika mereka membungkuk di suatu tikungan, menyebabkan kerenggangan lengan, kaki, dan logam. Dia berjalan pergi; Dia beruntung lolos hanya dengan satu gegar otak.

“Suatu kali, ketika saya mematahkan kaki saya, ayah saya memotong pemain saya untuk perlombaan karena tidak muat di sepatu saya, dan kemudian kami memasangnya lagi nanti,” katanya, tertawa. “Itu hanya balapan.”

Jalan datar itu muncul di tahun-tahun setelah Perang Dunia Kedua, ketika para pengendara sepeda motor mengitari lintasan tanah oval di halaman belakang, ladang petani atau padang pasir. Banyak sepeda tidak memiliki rem, jadi para pesaing akan menggunakan “penggeser daya”, yang akan bergerak secara lateral di atas tanah, dengan roda terkunci di tempatnya, untuk memutar di sekitar sudut. Seri trek datar profesional yang disebut Kejuaraan Nasional AMA Grand dimulai pada tahun 1954. Pada tahun 60-an dan 70-an olahraga berkembang, didorong oleh partisipasi Steve McQueen dan Paul Newman.

Dalam dekade-dekade berikutnya, balap datar melambat perlahan-lahan ketika sepeda olahraga dan kompetisi MotoGP 200-mph menjadi sering. (MotoGP adalah sirkuit lintasan yang diaspal dengan sepeda motor yang sangat teknis dan terkalibrasi sehingga Anda hampir membutuhkan PhD – dan keinginan mati – untuk mengoperasikannya). Mesin flamboyan dari Ducati, Yamaha dan Suzuki, antara lain, tetap populer selama bertahun-tahun.

“Jalur datar dapat diakses, siapa pun dapat berjalan di jalur tanah dan bersenang-senang”

Diperlukan krisis keuangan 2008 untuk menciptakan peluang bagi pemulihan jalur-tanah untuk pulih, kata Michael Lock, direktur eksekutif American Flat Track dan mantan CEO Ducati North America Inc. Karena anggaran dalam negeri diperketat, sepeda Olahraga lima angka tampak mewah. Banyak yang dijual untuk mengeluarkan uang tunai dan keluar dari pembayaran bulanan. Orang menemukan pilihan yang lebih murah pada sepeda dan kafe bekas kotoran yang tersembunyi di lumbung atau dikubur di garasi ayah. “Anda dapat mengakses jalan datar,” kata Christopher Fillmore, pemilik rekor dunia Hill Climb dari Pikes Peak International, yang juga menyarankan pabrikan sepeda motor KTM AG untuk terlibat dalam olahraga ini. “Siapa pun bisa berjalan di jalur tanah dan bersenang-senang.”

Bahkan sekarang sebagian besar karir adalah masalah lokal: ad hoc, keterlaluan dan mudah untuk bergabung. Tetapi sesuatu yang terjadi adalah kristalisasi. Pada 2016, setelah beberapa dekade perubahan kepemilikan, Grand National Championship, yang mengoperasikan jadwal balapan, mengubah namanya menjadi American Flat Track untuk mempromosikan dirinya sendiri dengan lebih baik.

Lock membandingkan liga dengan apa yang UFC 10 tahun yang lalu, ketika muncul dari basis yang lebih lokal dan kuat dan berkembang pesat. Dia menunjukkan antusiasme di antara pengendara sepeda yang ingin melompat. AFT telah menandatangani lebih banyak pembalap yang disponsori merek tahun ini daripada kapan saja dalam 20 tahun terakhir. “Ini olahraga gila,” katanya. “.. Ini bukan tentang memiliki sepeda terbaik atau paling kekuasaan adalah tentang keterampilan,” kata Texter: ‘Apakah olahraga rahasia ini kita semua telah mengasihi selamanya dan akhirnya datang bersama-sama’

Sebelum karirnya di bulan April, disediakan 27 duduk saya di arena balap di tempat parkir landasan pacu, membunuh waktu sebelum sepedanya, seorang stockHusqvarna FC 450 sepeda motor trail dengan roda menonjol, ditimbang dan review . Dia mengatakan kepada saya bagaimana mendiang ayahnya adalah juara balap motor Twins Olahraga Dua Kali AS AMA dan pengemudi AMA Flat Track yang sukses. (Trek datar dibagi menjadi kategori individu dan kembar, dinamai untuk jumlah silinder di mesin sepeda). Kakak tertua Texter, Cory, adalah seorang juara nasional amatir dan pemenang dari AMA Expert Twins dan All-Star series.

Dia dibesarkan di Willow Street, Pennsylvania, berharap bisa bermain sepak bola. “Aku ingin menjadi Mia Hamm berikutnya,” kata Texter. Tapi pada tahun 2003, ketika saya berada di kelas sembilan cedera kaki membawanya kembali ke olahraga keluarga yang telah menonton sejak saya 4. Dia maju untuk bersaing secara profesional selama 17 tahun dan sekarang perjalanan setengah tahun dengan timnya , pacarnya, dan kadang-kadang anggota keluarganya dalam balapan di Calistoga, California., Daytona Beach, Florida., dan Sturgis, SD tinggal dan bekerja di RVs, van dan motel pinggir jalan. Di musim sepi, berburu rusa bersama keluarga dan teman, dan masak, kadang-kadang. Mangkuk rusa adalah spesialisasi.

Ini bukan gaya hidup yang mencolok, katanya, tetapi olahraga ini cukup menguntungkan untuk saat ini. Texter baru saja membeli rumah pertamanya seluas 5 hektar di hutan Pennsylvania. Dan dia dalam posisi untuk finis di podium untuk musim 2018. Dia berada di peringkat kelima dan berencana untuk mengalahkan Dan Bromley, 22, dan Brandon Price, 18, favorit di divisinya. Liga mendistribusikan $ 250.000 dalam bentuk uang portofolio sepanjang tahun.

Satu dasawarsa yang lalu olahraga itu perlu dibesar-besarkan. Saat ini berkembang dengan pesat: penjualan tiket pada 2017 untuk perlombaan AFT di seluruh negeri (biasanya sekitar $ 40 untuk penerimaan umum) meningkat 76 persen menjadi $ 4 juta dari tahun 2016, dengan siaran NBCSN mencapai 1,8 juta. penonton untuk musim ini. Seperempat juta orang menonton streaming langsung sepanjang tahun di Fanschoice.tv. AFT telah menggandakan jumlah sponsornya tahun lalu, menandatangani Harley-Davidson, Indian Motorcycle, Dainese dan Oakley.

Namun, industri sepeda motor sedikit menyusut ketika datang ke trek balap datar dan penonton yang baru jadi. Di Texas Motor Speedway, penjualan tiket menggandakan apa yang mereka tahun sebelumnya, tetapi 5.000 orang hanya menduduki barisan depan stadion 11.000 tempat duduk. (Stadion utama Motor Speedway di seberang jalan, tempat IndyCar dan Nascar bersaing, memiliki kapasitas 181.655).

AFT bukan satu-satunya bentuk balapan datar. Roland Sands, seorang mantan pengemudi pro biker, dan sekelompok rekan tag-tag telah mengadakan balapan off-grid selama bertahun-tahun, menarik versi yang lebih muda dari jenis pengendara motor bertato yang menghadiri Texas.

Perusahaan yang lebih besar juga mengendus olahraga. Produsen sepeda motor Husqvarna, yang relatif baru dalam seri AFT Singles, mendukung musim Texter dengan sepeda dan uang sponsor, sebagian untuk mempromosikan sepeda gaya kafetaria yang diperkenalkan tahun ini. Olahraga memberi Husqvarna peluang untuk berkembang, kata Jenna Parker, manajer pemasarannya. “Kami telah menonton Shayna karena dia tampaknya orang yang sangat rendah hati, tetapi dia juga menghancurkannya, dia tidak pergi berkeliling mengatakan bahwa dia adalah gadis yang sedang berlari, dia hanya seorang pelari.”

Para pengkritik Texter berpendapat bahwa kerangka 5 kaki mereka adalah keuntungan. Tapi ketidakmampuannya untuk menggunakan lengan lebar untuk menangkal berat dari sepeda berputar dengan cara yang sama seperti saingannya – atau meletakkan kakinya di tanah – mengkompensasi setiap keuntungan marjinal.

Jika itu untuk Texter, dia tidak akan dipilih untuk menjadi seorang wanita sama sekali. “Aku tidak ingin menjadi Danica Patrick,” katanya, mengacu pada sopir IndyCar yang terkenal. “Aku tidak suka menjadi poster anak.”
BAGAIMANA MELIHATNYA

American Flat Track menyelenggarakan balapan cepat dari New Jersey ke Texas hingga South Dakota; Seri Super Hooligan, yang disponsori oleh sepeda motor India, di mana siapa pun dapat masuk, berlangsung terutama di California.

Comments are Disabled